Python Part 5 : Menjalankan python dari IDLE


Python part 5 : Menjalankan python dari IDLE - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Menjalankan file python dari cmd. Sekarang kita akan membahas tentang menjalankan python dari IDLE.

Apa itu IDLE ? IDLE adalah singkatan dari Integrated Development and Learning Environment. Intinya adalah IDLE ini merupakan text editor bawaan python. Jadi ketika kita install python, maka IDLE ini akan ada secara otomatis.

Tapi beberapa programmer tidak menjadikan IDLE sebagai text editor utama mereka untuk memprogram python, karena memang IDLE ini hanya digunakan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Jadi untuk teman-teman yang mau buat project dari python, tidak di sarankan menggunakan IDLE.

Untuk membuka IDLE itu sendiri, sama seperti membuka python interpreter di tutorial sebelumnya Python Part 3 : Menjalankan kode program python. Lihat dulu tutorial sebelumnya itu, kemudian lihat gambar di bawah ini.


Kalau bingung carinya, silahkan gunakan fitur pencarian, lalu ketik "IDLE Python:" (tanpa tanda petik)


Setelah itu akan muncul tampilan utama dari IDLE itu.


Nah, IDLE itu sama seperti pada Python Interpreter. Dia juga bisa kita tulis baris per baris dan bisa juga langsung beberapa baris. Untuk bisa menulis langsung banyak baris. Silahkan klik menu File > New File, maka akan muncul halaman baru. Di halaman itulah tempat kita untuk menulis kode program python.


Sebelum kita menulis kode programnya, kita simpan dulu dengan nama hello.py (simpan dalam folder biar lebih rapih). Sebagai contoh, lihat gambar di bawah ini.


Klik save. Nah, setelah berhasil di simpan, sekarang kita coba untuk mengetik kode program di bawah ini ke IDLE nya.

Setelah berhasil di ketik kode program yang ada di atas ke IDLE, sekarang coba kita jalankan dan lihat hasilnya. Caranya tinggal klik menu Run > Run Module atau bisa juga F5.


Dan setelah di Run, mari kita lihat hasilnya.


Ini merupakan cara untuk menjalankan file python dari IDLE. Lihat, dengan adanya IDLE, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk membuka notepad lalu buka lagi cmd kemudian mengetik "python namafile.py". Di IDLE kita telah di permudah, saat kita selesai menulis kode program, kita tinggal klik Run maka kode yang kita tulis itu akan berfungsi.

Untuk kamu yang sudah lama berkecimpung dengan dunia programming, kamu bisa menggunakan text editor berupa sublime text, notepad++, visual studio code, atom, dan lain sebagainya. Pokoknya yang buat kamu nyaman deh.

Tapi untuk kamu yang baru belajar saya sarankan untuk menggunakan IDLE saja, karena ini cukup untuk mempermudah kamu dalam proses belajar. Tidak usah takut atau minder kok, kan kita sama-sama belajar. Kalau masih ada rasa takut atau apapun itu, silahkan baca-baca artikel kami mengenai Self Development.

Semoga bermanfaat, kalau ada yang bingung silahkan bertanya di kolom komentar. Tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang Memilih text editor untuk ngoding.

Salam kawan software !

0 Comments