Python Part 4 : Menjalankan file python dari cmd


Python Part 4 : Menjalankan file python dari cmd - Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas mengenai Menjalankan kode program python. Di tutorial itu, kita menjalankan kode program python langsung dari interpreter nya. Sedangkan tutorial ini, kita akan membahas bagaimana caranya menjalankan file python dari cmd.

Memang interpreter mempermudah kita untuk menulis kode program python, tapi sebenarnya itu agak sedikit merepotkan karena hanya bisa tulis baris per baris. Untuk menangani masalah itu, mari kita bahas di tutorial ini.

Sebenarnya kode program pada python itu hanya merupakan text biasa yang memiliki ekstensi .py 

Pertama-tama, saya akan buat terlebih dahulu folder baru yang berada pada Documents. Ini bertujuan supaya lebih rapih. Foldernya akan saya beri nama "learn_python".

Sekarang silahkan buka notepad kamu, lalu setelah itu ketik kode di bawah ini ke dalam notepad mu.



Setelah selesai menulis kode program ke notepad, silahkan simpan filenya dengan ekstensi .py (simpan di folder yang sudah kita buat). Supaya tidak bingung silahkan lihat gambar dibawah ini.



Tekan save. Kemudian jika file yang kalian simpan sesuai, yaitu .py, maka file tersebut akan memiliki icon Python.


Jika seperti gambar di atas, maka file python telah kita berhasil buat. Sekarang mari kita jalankan file yang telah kita buat dari cmd.

Caranya cukup mudah. Buka cmd mu lalu arahkan atau pergi ke lokasi dimana folder yang telah kamu buat berada. Sebagai contoh, tadi saya buat folder baru bernama "learn_python" di Documents. Untuk pergi ke Documents, saya hanya cukup mengetik cd Documents, lalu tinggal tekan enter.


Ini harus sesuai kamu, kalau kamu buat folder baru di data D atau di data C, berarti tinggal ketik D: (untuk berpindah dari C ke D) begitu sebaliknya. Pahamkan ? Oke saya rasa sudah paham.

Sekarang saya akan pergi ke folder yang telah saya buat tadi, dengan cara cd Documents\learn_python. dan akan seperti gambar di bawah ini.


Ingat learn_python itu hanyalah folder, jadi kalau folder yang kamu buat tadi bernama lain, misalnya nama folder yang kamu buat itu di berinama belajar_python, maka kamu harus mengetik cd Documents\belajar_python, tapi itu kalau di Documents, kalau misal kamu buat folder itu di data D, ketik dulu di cmd D: lalu ketik lagi cd belajar_python. Bingung gak ? Semoga paham ya.

Nah kan kita sudah berada di folder tempat file yang berekstensi .py berada, sekarang coba ketik di cmd python namafile.py, ingat namafile.py itu harus sesuai nama file yang kamu buat tadi. Kalau tadi saya buat file bernama training.py, jadi saya harus mengetik di cmd python training.py. Lalu tekan enter

Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini


Jika sudah seperti pada gambar di atas, maka kita telah berhasil menjalankan file python dari cmd. Mungkin untuk tutorial selanjutnya saya tetap akan menjalankan file python dari cmd. Ini bertujuan agar supaya kawan-kawan software bisa mudah untuk memahaminya.

Sebenarnya tanpa perlu mengetik python di cmd itu bisa, jadi kita langsung mengetik nama filenya saja. Sebagai contoh, silahkan lihat gambar di bawah ini.


Ya, hasilnya tetap sama. Kalau saya sendiri lebih asik itu langsung mengetik nama filenya saja, karena lebih simple dan lebih cepat, hahaha becanda. Itu tergantung dari kamu sendiri sih mau pilih yang mana.

Sampai disini dulu tutorial kita, selanjutnya kita akan membahas tentang Python part 5 : Menjalankan python dari IDLE.

Salam kawan software !

0 Comments