Python Part 3 : Menjalankan kode program python


Python Part 3 : Menjalankan kode program python - Selamat pagi kawan software. Gimana kabar ? Baik saja kan ? Semoga dalam keadaan sehat ya, supaya koding nya pada semangat hehehe.

Sebelumnya kita sudah membahas di tutorial bagian ke-2 tentang Menginstall Python, sekarang kita akan membahas tentang menjalankan kode program python melalui python interpreter yang telah kita install sebelumnya.

Mari kita lanjut....

Sillahkan buka python interpreter yang telah kita install sebelumnya, klik start pada windows yang ada di bawah pojok kiri, lalu klik "All Programs", kemudian cari folder python (sesuai versi yang kalian install), lalu pilih python interpreter nya. Bingung ? Lihat gambar di bawah.




Setelah lihat gambar di atas, silahkan bukan python interpreter nya. Akan seperti gambar di bawah ini jika python interpreter nya berhasil di buka.

cara petama

Sebenarnya untuk membuka python interpreter nya, kita bisa melalui cmd, caranya tinggal kita ketik "python" (tanpa tanda petik), lalu di enter, maka akan seperti gambar di bawah ini.

cara kedua

Lantas apa bedanya ? Ya sebenarnya sih sama aja, cuman mimin hanya kasih tahu saja kedua caranya biar kamu pada tahu. Terus mana yang lebih gampang ? Ya tentunya lebih gampang itu cara yang kedua.

Oke, sekarang sudah pahamkan ? Ayo kita lanjut lagi...

Setelah kita berhasil buka python interpreter nya, kita akan coba menampilkan text "Hello Word" melalui interpreter.

Saya akan menggunakan cara yang pertama untuk mengakses python interpreter nya.

Untuk menampilkan text "Hello Word" pada python  interpreter nya, kita cukup menulis print("Hello Word"). Maka akan muncul text "Hello Word" yang saya maksudkan. Lihat gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas, kita telah berhasil menampilkan tulisan "Hello Word". Mengapa harus menggunakan perintah print() ? Karena perintah tersebut berfungsi untuk mengeluarkan output yang akan kita lakukan, alias menampilkan text "Hello Word".

Tapi perintah print() itu bukan hanya untuk kita tampilkan "Hello Word" saja, kita juga bisa menampilkan text yang lain, contoh lagi saya akan menampilkan text "Notlikesoft paling ganteng". Maka tentunya perintah tersebut akan jadi seperti ini....

print("Notlikesoft paling ganteng")

Coba sekarang kita jalankan dan lihat hasilnya.


Coba lihat gambar di atas, tampilkan tulisan yang mau kita tampilkan ? Hehehe...

Jadi seperti itulah kita menggunakan python interpreter nya. Tidak hanya menampilkan text saja. Kita juga bisa melakukan penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).

Mau mencobanya ? Oke mari kita coba sekali lagi deh biar tambah paham hehehehe

Kita akan mencoba membuat contoh penjumlahan aja (yang lain nanti kalian coba sendiri)

Sekarang coba kita ketik 10 + 10 pada python interpreter nya, nanti hasilnya akan menjadi 20. Silahkan lihat gambar di bawah ini.


Coba lihat gambar di atas, dan lihat hasilnya, maka akan menjadi 20, karena memang 10 + 10 itu sama dengan 20.

Untuk pengurangan, perkalian, dan juga pembagian kamu bisa coba sendiri, biar apa ? Biar tambah paham lagi dan akan berkata di depan monitor "Ohhh.... jadi seperti itu ya, saya paham"

Kesimpulan

Jadi python interpreter itu akan langsung mengeksekusi kode program (python) kita ke dalam kode mesin. Mungkin ada pertanyaan "Min, itu kan ribet nih, saya sering lihat-lihat orang-orang di luar sana, mereka menulis kode program tidak pake itu, tapi bisa kok langsung menjalankannya, itu mereka pake apa, ya ?"

Oke saya akan menjawabnya. Jadi mereka itu menggunakan text editor, nah text editor itu ada banyak, yang paling populer dan banyak orang gunakan adalah sublime text, visual studio code, dan atom. Lalu setelah mereka tulis kode programnya dari text editor itu, mereka menjalankan file yang berekstensi .py (yang sudah mereka buat) melalu command prompt (cmd), dengan mengetik "python namafile.py" (tanpa tanda petik).

Setelah mereka mengetik seperti itu, maka kode program yang berekstensi .py akan di terjemahkan oleh interpreter untuk dijadikan bahasa mesin. Saya sudah membahasnya di bagian pertama pada tutorial ini, kalau belum lihat, silahkan lihat dulu Python Part 1 : Mengenal Python.

Oke sampai disini dulu, selanjutnya kita akan lanjut membahas tentang Menjalankan file python dari cmd

Salam kawan software !

0 Comments