Python Part 6 : Memilih text editor untuk ngoding


Python Part 6 : Memilih text editor untuk ngoding - Sebelumnya kita telah membahas beberapa cara menjalankan python, mulai dari IDLE, CMD, dan langsung dari Python Interpreter. Tapi dari pembahasan itu, kita tidak menggunakan text editor agar dapat memudahkan kita untuk melakukan pemogramman dengan lebih nyaman.

Memang IDLE sudah cukup untuk kita jadikan sebagai text editor untuk digunakan sebagai pembelajaran saja, tapi alangkah lebih baik lagi jika kita langsung mencoba menggunakan text edtitor yang bertebaran di internet. Ada banyak sekali text editor yang tersedia, seperti Notepad++, Visual Studio Code, PyCharm, Atom, dan juga Sublime Text.

Dari beberapa text editor yang saya sebutkan di atas, kamu bisa memilih mana saja yang akan kamu jadikan text edtitor.

Visual Studio Code, PyCharm, Atom juga sudah bagus untuk kita jadikan text editor sebagai alat untuk kita memprogram python. Tapi ketiga text editor itu terlalu berat, sehingga tidak sanggup apabila laptop/komputer mu speknya kecil. Untuk itu kita bisa menggunakan text editor yang memakan spek yang kecil, ya seperti Sublime Text dan Notepad++.

Tapi itu terserah kamu, kalau ingin mencoba salah satu dari ketiga text editor yang memakan spek yang lumayan, silahkan pakai itu saja, dan langsung di install. Ketiga text editor itu memakan spek yang lumayan, tapi sangat bagus untuk kita memprogram dan kita akan jadi lebih mudah dan nyaman.

Pokoknya inti dari text editor adalah kenyamanan, yap kenyamanan saat kita ngoding.

Visual Studio Code sudah menyediakan fitur Terminal, jadi kita tidak perlu bolak-balik lagi pergi ke cmd lalu menjalankan file python dari cmd. Bisa langsung dari text editor. Begitu juga dengan PyCharm, dan juga Atom. Tapi kalau disuruh pilih antara ketiga text editor itu, saya lebih memilih PyCharm.

Karena memang PyCharm ini dibuat khusus untuk developer python. Kita tidak perlu lagi menginstall plugin-plugin python untuk kenyamanan ngoding, karena sudah langsung tersedia.

Tapi di tutorial kali ini, saya akan menggunakan Sublime Text. Kenapa ? Karena Sublime Text ini sangat ringan dan tidak terlalu memakan spek yang lumayan besar. Serta juga sudah mendukung file .py. Jadi kalau kita ngoding python, syntax nya bakalan berwarna, jiahhhh.... hahahaha.

Lantas bagaimana untuk menginstall nya ? Tenang... caranya cukup mudah kok. Pertama tentu kita harus pergi ke website resminya untuk mendownload file yang berekstensi .exe (jika menggunakan windows). Di linux juga ada, tapi karena saya menggunakan windows, jadi yang mau saya download itu yang berekstensi .exe.

Langsung saja ke website nya, silahkan kunjungi https://www.sublimetext.com/

Setelah mengunjungi websitenya, silahkan langsung klik tombol "Download for Windows".


Tunggu beberap saat karena proses untuk mendownload tergantung dari kecepatan internet mu. Kalau internet kamu lolad alias lalod alias lama loading, berarti lama juga tunggu nya, jadi mohon bersabar.

Setelah berhasil di download, saat nya pergi ke folder Downloads yang ada pada windows explorer. Lalu lihat apakah ada file sublime text (yang tadi kamu download). Setelah ketemu, klik 2 kali di file itu, lalu akan seperti ini tampilannya.


Lalu silahkan klik Next, kemudian kamu akan disuruh untuk memilih folder mana yang akan kamu taruh untuk disimpannya data-data sublime nya. Ini sebenarnya tidak terlalu penting, bisa juga langsung Next, Next saja.




Sesudah itu, silahkan klik Install, dan tunggu beberapa saat.



Lalu kemudian klik Finish. Dan itu artinya kamu sudah berhasil menginstall sublime text nya. Saat nya buka sublime text mu lalu buatlah folder (terserah mau beri nama apa), disini saya akan beri nama learn_python. Lalu kemudian buka folder yang sudah kamu buat di sublime text. Caranya klik menu File > Open Folder...



Setelah di open folder, maka sekarang kita akan coba buat file baru di dalam folder yang sudah kita buat, caranya klik kanan pada folder yang ada di sebelah kiri, lalu pilih New File.



Buat file terserah kalian, yang pasti harus berekstensi .py. Disini saya akan memberikan nama file hallo.py. Setelah membuat folder dan membuat file baru, saatnya untuk kamu mengetik kode program di bawah ini di sublime text.



Sama seperti tutorial sebelumnya tentang Menjalankan file python dari cmd. Kode python yang kita tulis di Sublime Text, akan kita jalankan melalui cmd. Jadi untuk kamu yang belum membaca tutorial sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu.

Sekarang mari kita coba jalankan file python yang sudah kita buat dari cmd. Buka cmd lalu pindah ke tempat dimana folder yang kamu buat tadi, misalnya di D: atau di Documents atau dimana pun itu, yang penting sesuai.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar untuk hal ini, karena saya sudah kasih tutorial nya, jadi silahkan untuk lihat dulu.


Coba lihat gambar diatas, hasil yang ada di cmd sama seperti kode yang kita tulis di sublime text. Itu artinya kita telah berhasil menjalankan file python kita dari cmd.

Kesimpulan

Untuk memilih text editor yang mana yang akan kamu gunakan tidak perlu bingung. Ikuti kata hati saja, coba satu-satu, kalau sudah nyaman dengan itu, ya pakai itu saja. Sama seperti kalau mau memilih cewek, kita coba dulu (deketin maksudnya), baru kalau sudah nyaman ya kita deketin gitu hahahaha.

Tapi saran saya, lebih baik gunakan text editor yang ringan saja seperti sublime text, itu jika spek laptop / komputer mu kecil, tapi kalau besar silahkan pakai saja text editor yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Sampai disini tutorial nya. Nanti kita akan lanjut ke tutorial selanjutnya tentang Aturan dasar penulisan program.

Semoga bermanfaat, jika bingung silahkan bertanya melalui kolom komentar.

1 Comments

  1. terima kasih atas kunjungannya. Semoga bisa berguna ya :)

    ReplyDelete