Python Part 10 : Tipe Data String


Python Part 10 : Tipe Data String - Sebelumnya kita sudah membahas tentang jenis-jenis tipe data. Yang mana pada tutorial itu, kita sudah membahas tentang tipe data string. Tapi yang di bahas dalam tutorial sebelumnya belum terlalu detail. Dan untuk tutorial inilah kita akan membahas lebih detail tentang tipe data string pada Python.

Tipe Data String adalah tipe data untuk menampung/menyimpan data berupa teks. Contohnya seperti : "Hello World", dan "Belajar Python di Notlikesoft".

Sampai disini kita sudah tahu apa sebenarnya itu tipe data string. Sebenarnya saya sudah kasih tahu pada tutorial sebelumnya. Tapi tidak apa-apalah hehehe.

Cara Pembuatan Tipe Data String pada Python

Pada bahasa Python, terdapat 3 cara untuk membuat tipe data string.

  1. Menggunakan tanda kutip satu ( ' )
  2. Menggunakan tanda kutip dua ( " )
  3. Menggunakan tanda kutip satu atau dua sebanyak tiga kali ( ''' ) atau ( """ )

Sebenarnya untuk cara yang pertama dan kedua itu sama saja. Sebagai contoh, lihat kode program dibawah ini.



Itu merupakan cara yang pertama dan kedua. 

Sekarang mari kita ke cara yang ketiga. Apa sih kegunaan dari cara yang ketiga ? Oke, gunanya adalah untuk membuat string menjadi beberapa baris. Kalau di cara pertama dan kedua, itu hanya bisa disimpan string hanya dalam satu baris saja. Tapi berbeda dengan cara yang ketiga.

Cara ketiga, kita bisa membuat string dalam beberapa baris. Bingung ? Silahkan lihat kode program dibawah ini.



Perhatikan kode diatas. Begitulah yang saya maksud di atas tadi. Semoga paham ya.

Sebenernya kita juga bisa membuat baris baru pada teks dengan menggunakan \n. Membuat baris baru seperti itu juga sering dilakukan pada bahasa pemogramman lain, seperti C misalnya. Jadi contohnya seperti ini jika pada Python.


Bagaimana sampai disini sudah pada pahamkan bagaimana membuat tipe data string ? Sekarang kita akan lanjut ke operasi penyambungan string (concatenation).

Apa itu concatenation ? Operasi ini sering dipakai ke dalam tipe data string untuk menyambungkan string satu ke string yang lainnya. Untuk menyambungkan string kita hanya menggunakan simbol (+). Begini contohnya.


Begitulah cara untuk menyambungkan string. Ini memang sangat perlu kita ketahui, karena nanti, ketika kita sudah bisa membuat program, kita mungkin akan sering mendapatkan kode yang menyambungkan string seperti ini.

Sampai disini dulu tutorial mengenai tipe data string pada Python. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang tipe data boolean pada Python.

0 Comments