Python Part 11 : Tipe Data Boolean


Python Part 11 : Tipe Data Boolean - Hallo semuanya, kembali lagi nih dengan kami. Gimana kabar kalian ? Ohh iya, sebelum kita membahas tutorial ini, kami mau ucapin Selamat Natal untuk kalian yang merayakannya. Semoga Natal di tahun 2018 ini bisa menjadikan kita bersuka cita selalu, dan tidak ada lagi peperangan atau kekerasan. Amin.

Lanjut ke pembahasan. Kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai tipe data boolean pada Python. Untuk kamu yang baru belajar pemogramman, mungkin bertanya "apa sih itu tipe data boolean ?". Kami akan menjawab pertanyaan itu melalui tutorial ini. Silahkan di baca sampai selesai ya, kawan software.

Apa itu tipe data boolean ?

Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya berisi 2 nilai saja. Di antara 2 nilai itu kita harus memilih antara satu. Tapi tahukah kamu apa yang kami maksud 2 nilai itu ? Hahaha, oke 2 nilai itu maksud kami adalah True dan False. Ya, tipe data boolean hanya memiliki 2 nilai, yaitu True dan False. Kedua nilai tersebut merupakan tipe data boolean.

Tipe data boolean ini sering kali dipakai untuk percabangan, yaitu untuk menentukan sebuah kondisi Benar (True) atau Salah (False).

Bagaimana membuat tipe data boolean ?

Untuk membuat tipe data boolean sangatlah mudah. Tipe data boolean hanya bisa diisi oleh 2 nilai, yaitu antara True atau False. Untuk membuat tipe data boolean pada Python, kita harus menulis huruf besar pada huruf pertama. Contoh seperti : True (penulisan benar), sementara true (penulisan salah).Gimana sudah paham ? Jika belum paham, mari ketik kode program di bawah ini.


Jika kita jalankan kode diatas, tentu akan berhasil karena penulisan di atas memang benar. Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Hasilnya akan keluar True dan False. Tapi bagaimana jika kita menulisnya seperti dibawah ini ?

Maka ketika dijalankan kode yang diatas, makan akan terjadi error seperti ini.


Begitulah cara pembuatan tipe data boolean pada Python. Kita tidak bisa menggunakan huruf kecil semua, harus di buat huruf pertamanya besar, seperti contoh : True bukan true. Jika kamu menulisnya dengan huruf kecil semua, maka akan terjadi error seperti gambar di atas. Oke sudah pahamkan cara membuat tipe data boolean pada Python ? Hehehehe.

Sekarang mari kita akan bahas mengenai kegunaan tipe data boolean ini. Kegunaan tipe data boolean ini adalah untuk menentukan sebuah kondisi, apakah benar (True) atau salah (False). Contohnya seperti apa ? Silahkan ketik kode program dibawah ini.


Sekarang, coba perhatikan kode diatas.

Di baris pertama, kami membuat variabel dengan nilai 5 > 10. Jadi artinya adalah apakah 5 > 10 ? Maka tentu hasilnya adalah salah (False). Sementara di baris kedua kami juga membuat variabel dengan nilai 10 > 5 ? Hasilnya tentu akan benar (True). Dan untuk baris ketiga, kami membuat variabel dengan berisi string, kami melakukan perbandingan string, yaitu apakah "Hallo" == "hallo" ? Tentu hasilnya False, karena "Hallo" tidak sama dengan "hallo".

Sekarang coba dijalankan, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Sekarang kita sudah mendapatkan nilai dari sebuah variabel. Maksudnya kita telah menentukan hasil nilai dari sebuah variabel, apakah dia True atau False. Berbeda dengan kode program pertama yang diatas, kami langsung memasukan nilai True dan False pada variabel.

Sekarang coba kita menggunakan percabangan untuk mengatakan bahwa nilai tersebut False atau True. Silahkan ketik dan perhatikan kode dibawah ini.


Dan jika kamu menjalankan kode program diatas, maka akan seperti ini hasilnya.


Untuk kode diatas, jangan terlalu pusing dengan syntax if dan else, karena yang perlu kalian pahami terlebih dahulu bukan itu, tapi pahami bagaimana tipe data boolean ini bekerja dan bagaimana tipe data boolean ini digunakan.

Untuk pembahasan mengenai if dan else akan kita bahas di tutorial yang lain. Pokoknya tutorial if dan else ini harus terpisah, karena kalau satu nanti bakalan panjang, dan mungkin kamu akan bosan bacanya hehehe.

Gimana sudah pahamkan ? Kalau belum paham silahkan tulis kode programnya secara berulang-ulang, dan coba tulis lalu hapus lagi sampai kamu betul-betul paham. Jika bingung silahkan bertanya melalui kolom komentar

Untuk tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai Tipe Data List pada Python. Semoga bermanfaat :)

0 Comments