Python Part 9 : Mengenal jenis-jenis tipe data


Python Part 9 : Mengenal jenis-jenis tipe data - Sebelumnya kita sudah bahas mengenai Cara membuat variabel. Untuk kamu yang belum membacanya, silahkan dibaca terlebih dahulu, agar lebih mudah untuk memahami tutorial ini.

Dalam pemogramman dikenal dengan istilah tipe data (data type) yang berguna untuk mengindentifikasi suatu nilai ke alamat memori. Biasanya tipe data ini ditampung ke dalam variabel agar nilai dari tipe data tersebut dapat diolah untuk keperluan tertentu.

Setiap bahasa pemogramman memiliki tipe data, dan untuk tutorial kali ini kita akan mengenal dengan tipe data yang ada pada Python. Ada beberapa tipe data yang ada pada Python.

Mungkin untuk kamu yang sudah belajar bahasa pemogramman lain sebelumnya, sudah tahu beberapa tipe data yang ada, seperti integer, string, dan juga boolean. Beberapa tipe data seperti itu juga ada pada Python. Mari kita bahas bersama.

Integer

Tipe data ini adalah tipe data yang dapat menyimpan bilangan bulat. Artinya, hanya bilangan bulatlah yang dapat kita simpan. Jadi misalnya kita buat variabel angka. Nah variabel angka tersebut kita masukan nilainya 10 atau 20. Nah 10 atau 20 ini merupakan angka bulat. Bingung ? Coba ketik kode program dibawah ini.



Jangan dulu memahami maksud dari kode di atas, tapi kalau sudah tahu maksud dari kode diatas bagus berarti.

Dalam kasus ini, variabel angka hanya bisa dimasukan bilangan bulat saja, seperti : 10, 20, 2, 5, 8, 100, atau 1000. Nah, mungkin angka bulat bisa, sekarang coba kita masukan angka yang berbentuk desimal (float). Angka desimal itu adalah angka pecahan, seperti : 10.23, 15.20, dan lain sebagainya.

Mari kita coba...


Coba lihat hasilnya, ketika kita menginput bilangan desimal, maka akan muncul error. Karena variabel angka hanya bisa menampung bilangan bulat saja. Gimana, pahamkan ? Contoh untuk mendeklarasikan tipe data angka bulat seperti ini.


Float Point

Tipe data ini adalah tipe data yang menyimpan bilangan desimal, contoh bilangan bulat seperti : 10.23, 15.20, dan seterusnya. Hebatnya, float ini juga dapat menyimpan bilangan bulat, walaupun pada dasarnya float ini menyimpan bilangan desimal. Contohnya, coba ketik kode program dibawah ini.


Variabel angka kita buat sebagai variabel untuk menyimpan bilangan desimal. Sekarang coba kita masukan bilangan bulat. Maka hasilnya akan seperti ini.


Nah, ketika kita masukan bilangan bulat, hasilnya akan menjadi bilangan desimal. Jadi walaupun kita masukan bilangan bulat, tetap akan menjadi bilangan desimal, jika variabel itu kita tentukan untuk menyimpan bilangan desimal. Paham ya sampai sini ? Contoh untuk mendeklarasikan tipe data float seperti ini.


String

Tipe data string adalah tipe data untuk menyimpan data berbentuk karakter. Seperti : "Aku suka kamu", "Aku ingin kamu menemaniku saat aku ngoding", dan lain sebagainya. Untuk mendeklarasikan tipe data string ini adalah seperti berikut.



Untuk mendeklarasikan variabel yang bertipe data string, kita harus menggunakan tanda petik (""). Jadi kalau tidak menggunakan tanda petik (""), maka akan terjadi error. Silahkan coba kalian tes hilangkan tanda petik ("") itu, lalu jalankan. Apakah muncul error ? Kalau tidak berarti laptop/komputer kamu itu aneh alias mantap hahahaha. Ya, karena kalau di jalankan pasti error, di saya juga error.


Semoga paham ya.

List

Tipe data ini menunjukkan data/daftar yang dapat menyimpan berbagai tipe data dan isi tipe data dapat diubah. Tipe data ini seperti array (jika pada bahasa pemogramman lain, seperti Javascript). Contoh penulisan kode program dari tipe data ini, seperti berikut.

Jadi itulah contoh penulisan tipe data berbentuk list.

Dictionary

Tipe data ini menunjukkan data berdasarkan key dan value (pasangan). Contoh penulisan programnya seperti ini.


Tuple

Tipe data ini menunjukkan data/daftar yang dapat menyimpan berbagai tipe data dan isinya tidak dapat diubah. Contoh penulisan programmnya seperti ini.


Set

Tipe data ini menunjukkan data/daftar yang unik dan tidak terurut. Contoh penulisan programmnya seperti ini.


Boolean

Tipe data ini adalah tipe data yang digunakan untuk menunjukkan nilai logika. Tipe data boolean ini hanya dapat menyimpan nilai True dan juga False.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai mengenal jenis-jenis tipe data pada Python. Selanjutnya kita akan belajar mengenai Tipe Data String Pada Python.

Untuk penjelasan selanjutnya mengenai tipe data yang lain, nanti kita akan membahasnya lebih dalam pada bagian-bagian berikutnya.

Jika bingung silahkan bertanya melalui komentar. Semoga bermanfaat

0 Comments