Python Part 8 : Cara membuat variabel


Python Part 8 : Cara membuat variabel - Variabel adalah penanda identitas yang digunakan untuk menampung sebuah nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Jadi kalau di ibaratkan, variabel ini seperti lemari, yang kita tahu sendiri lemari adalah tempat penyimpanan barang, sama seperti variabel. Jadi itulah kegunaan variabel. Gimana pahamkan apa itu variabel ? Oke, mari kita lanjut.

Pada bahasa pemogramman C, dalam membuat deklarasi variabel harus ada tipe data terlebih dahulu, sebagai contoh jika saya ingin mendeklarasikan variabel yang bertipe angka bulat, maka saya harus menulis int nilai. Maka variabel nilai berfungsi sebagai variabel untuk menyimpan angka bulat.

Untuk Python, kita tidak butuh deklarasi seperti itu, karena di Python sendiri sudah tahu kita mau deklarasi variabel ini sebagai tipe data apa, contoh nya karakter ataupun angka bulat. Mari kita lihat perbedaan nya.


Perhatikan gambar di atas. Untuk mendeklarasikan variabel, dalam bahasa C kita harus tentukan tipe datanya terlebih dahulu, sedangkan untuk Python, kita tidak perlu menentukan tipe data terlebih dahulu, karena Python sudah tahu tipe data nya jika kita telah memasukan nilai dari variabel.

Inilah yang menjadikan Python sebagai bahasa pemogramman yang mudah untuk di pelajari. Karena kita tidak perlu pusing mikir-mikir tentuin tipe data dari suatu variabel.

Sekarang mari kita coba, supaya lebih paham.

Untuk kasus nya, kita akan coba menampilkan text "Hello Word" yang di simpan pada vairabel hello. Silahkan lihat gambar di bawah ini.


Ketika kita menjalankan kode yang ada di atas, maka hasilnya tetap akan menampilkan text "Hello Word".


Sekarang mari kita buat 2 variabel, ke 2 variabel ini akan saya berinama wel dan juga learn. Dan variabel wel akan menyimpan text "Welcome to Notlikesoft", sedangkan untuk variabel learn akan menyimpan text "Happy Learning". Nah dalam kasus ini, kita akan coba untuk menggabungkan kedua text itu, jadi nanti hasilnya akan seperti ini "Welcome to Notlikesoft Happy Learning".

Silahkan ketik kode program pada gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas, kenapa ada tanda (+) di baris ke 4 ? Itu gunanya untuk menggabungkan nilai dari kedua variabel. Dan untuk tanda petik kosong yang berada di antara tanda (+), itu hanya berfungsi sebagai spasi saja atau memberikan nilai kosong. Jika di jalankan maka hasilnya sesuai ekspentasi kita.


Nah, lalu bagaimana dengan angka ? Sama saja, jadi misalnya ketika kita ingin variabel nilai menyimpan angka 2, misalnya. Maka ketika kita ingin menampilkannya haruslah seperti ini print(angka), maka akan tampil angka 2. Paham ? Oke kita lanjut.

Sekarang, saya akan menampilkan angka dan juga text. Untuk angka saya akan simpan pada variabel nilai, sedangkan untuk text saya akan menyimpannya pada variabel tulisan.

Silahkan ketik kode program pada gambar dibawah ini.


Hasilnya tentu kamu bisa tebak donk. Hayo bagaimana hasilnya ?

Saya akan kasih kamu pilihan jawabannya, tolong di jawab dalam hati ya. Kalau benar kamu jawabnya, berarti kamu sudah paham hehehehe

A. Hello Word
     5

B. Hello Word 5

C. 5 Hello Word

Hayoo jawab yang mana ? A, B, atau C ? Silahkan di jawab ya didalam hati.

Jadi seperti ini hasilnya, mari kita lihat gambar dibawah.


Tentu jawaban yang benar adalah A. Jadi kalau kamu jawab A berarti kamu benar-benar sudah paham.

Aturan penamaan variabel

Hampir semua bahasa pemogramman mempunyai aturan dalam penamaan variabel. Dan Python juga termasuk. Ya, Python memiliki beberapa aturan dalam penamaan variabel.
  • Variabel bisa terdiri dari huruf, angka, dan juga undersocre (_).
  • karakter pertama pada variabel hanya boleh berupa huruf atau underscore (_), tidak bisa berupa angka. Namun, underscore (_) pada awal variabel bisa bermakna khusus
  • Tidak boleh memberi nama variabel sesuai kata kunci. Contohnya, kalau misalnya kamu mau membuat variabel dengan nama pass, maka itu tidak bisa. Karena pass merupakan kata kunci dari Python.
Untuk lebih tahu kata kunci (keyword) pada Python yang tidak bisa kita jadikan variabel, silahkan lihat gambar di bawah.

https://www.tutorialspoint.com/python/python_basic_syntax.htm

Jadi kata-kata yang ada di gambar itu, tidak bisa dijadikan sebagai nama variabel. Kalau dijadikan nama variabel pasti akan error.

Kita juga sering kali menemukan variabel konstanta, artinya variabel tersebut tidak bisa di ubah nilainya. Dalam bahasa C, konstanta ada, namun tidak bagi Python. Nah inilah yang unik pada Python. Tapi, beberapa programmer Python sepakat bahwa untuk membuat konstanta, kita hanya perlu membuat nama variabel menjadi huruf besar semua.

Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.


Pada gambar diatas, itu merupakan contoh untuk membuat konstanta. Jadi sebenarnya konstanta itu tidak ada pada Python, tapi itu hanya inisiatif dari programmer Python saja, hehehe.

Sampai disini dulu tutorial kita kali ini. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis tipe data pada Python.

0 Comments