Python Part 12 : Tipe Data List


Python Part 12 : Tipe Data List - Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas mengenai Tipe Data Boolean pada Python. Untuk kamu yang belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu tutorial sebelumnya. Sekarang kita akan membahas tentang Tipe Data List pada Python.

Apa itu tipe data list ?

Tipe data list adalah sebuah tipe data yang dapat menampung beberapa tipe data lain, seperti : string, integer, float, dan juga boolean. Tipe data ini sama seperti tipe data array pada bahasa pemogramman lain. Pada Python, ada 4 tipe data yang mirip seperti tipe data array pada bahasa pemogramman lain. Mereka adalah : List, Tuple, Set, dan juga Dictionary.

Dari ke-4 tipe data tersebut, yang paling menarik menurut kami adalah Dictionary. Untuk sekarang, kami akan memberikan tutorial mengenai tipe data list. Nanti tipe data yang lain juga akan ikut nyusul tutorialnya, hehehe.

Ke-4 tipe data ini sebenarnya sama saja, cuman agak sedikit berbeda.

Lantas, bagaimana membuat tipe data list ?

Untuk membuat tipe data list pada Python cukup mudah, kita tinggal menggunakan kurung siku, kemudian setiap anggota list dipisahkan dengan tanda koma. Silahkan lihat contohnya.


Sekarang, coba perhatikan kode yang ada diatas. Ada berapa tipe data yang dapat kita simpan pada tipe data list ? Tentu ada 3 tipe data, yaitu : string, integer, dan juga boolean. Dan jika kode yang ada diatas dijalankan, maka akan seperti gambar dibawah ini


Lihat gambar diatas, data yang kita buat sebelumnya akan tampil secara keseluruhan. Artinya semua data yang kita simpan pada list akan muncul semunya.

Lalu muncul pertanyaan, "Bagaimana menampilkan/mengakses satu data saja dari beberapa data yang ada pada list tersebut ?".

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya kami mau beritahu bahwa data pertama itu dimulai dari index bernomor 0, dan data kedua indexnya bernomor 1, begitu seterusnya. Bingung ? Silahkan lihat contohnya.


Pada contoh diatas, kita mengakses data pertama yang mana indexnya bernomor 0, dan juga data kedua (is yang mana indexnya bernomor 1. Jika kita jalankan, maka hasilnya akan seperti ini.


Jadi ketika dijalankan maka yang akan keluar data pertama yaitu 20, dan data kedua yaitu "Notlikesoft". Nah untuk data yang ketiga, keempat, kelima, dan keenam. Tentu kita harus ikuti nomor index nya.

Kan indexnya dimulai dari 0, maka untuk mengakses data keenam nomor index nya adalah 6.

Biar lebih paham, kami akan mencoba menampilkan semua data yang ada pada list, tapi di tampilkan secara satu-persatu, tidak seperti pada contoh pertama diatas. Silahkan lihat contoh kode program dibawah ini.


Dan jika dijalankan kode yang diatas, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Begitulah cara mengakses/menampilkan data yang ada pada tipe data list.

Selain menampilkan data secara satu-persatu, ternyata Python juga menyediakan cara untuk menampilkan beberapa anggota list sekaligus. Berikut contoh kode programnya.

Apabila kita menjalankan kode diatas, maka hasilnya akan seperti ini.


Bingung dengan kode diatas ? Oke jadi begini...

Pada baris ketiga, perintah acak[0:3], itu artinya adalah tampilkan isi dari variabel acak mulai dari index pertama sampai index ketiga.

Pada baris keempat, perintah acak[:4], itu artinya adalah tampilkan isi dari variabel acak mulai dari awal hingga index keempat.

Pada baris kelima, perintah acak[2:], itu artinya adalah tampilkan isi dari variabel acak mulai dari index ketiga sampai index terakhir.

Pada baris keenam, perintah acak[:], itu artinya adalah tampilkan semua data dari variabel acak.

Kita juga bisa mengganti data dari anggota list yang ada. Contohnya seperti ini.


Jadi artinya adalah, index pertama yaitu 20, akan digantikan menjadi "Hallo". Sekarang coba dijalankan, apakah terganti atau tidak ?


Ternyata hasil yang diatas adalah benar, isi yang ada pada index pertama digantikan. Begitulah cara mengganti isi dari sebuah list.

Gimana sudah pahamkan mengenai tipe data list ? Jadi seperti itulah cara membuat sebuah tipe data list pada Python.

Sampai disini dulu tutorial kali ini. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang tipe data Tuple pada Python. Semoga bermanfaat :)

0 Comments