Python Part 13 : Tipe Data Tuple


Python Part 13 : Tipe Data Tuple - Hallo kawan software. Masih semangat tidak belajarnya ? Hahaha semoga masih semangat terus ya. Supaya kedepannya bisa jadi programmer hebat.

Kali ini kita akan membahas Tipe Data Tuple pada Python dan yang mana sebelumnya kita sudah membahas Tipe Data List. Lalu apa itu Tipe Data Tuple ? Simak tutorial ini sampai habis, ya.

Apa itu Tipe Data Tuple ?

Tuple dalam Python adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data. Tuple bersifat immutable, artinya Tuple tidak bisa kita ubah dan di hapus. Namun, dapat kita isi dengan berbagai macam nilai.

Itulah maksud dari tipe data Tuple. Masih kurang paham ? Mari kita langsung coba mempraktekannya.

Cara Membuat Tuple

Untuk membuat Tuple, kita menggunakan tanda kurung, contohnya seperti ini :


Contoh diatas adalah cara untuk membuat tuple. Tapi sebenarnya ada juga cara yang ke-2, yaitu dengan tidak menggunakan tanda kurung. Contohnya seperti ini.

Contoh yang ada diatas itu, dua-dua nya valid, dan bisa digunakan. Tapi lebih baik menggunakan contoh yang pertama (menggunakan tanda kurung) daripada cara yang kedua, agar supaya nantinya tidak kebingungan. Tapi itu terserah kamu.

Untuk tutorial ini, saya menggunakan cara yang pertama, karena beberapa orang (programmer python) sering membuat tuple dengan menggunakan tanda kurung.

Cara membuat Tuple dan Mengaksesnya

Silahkan buat tuple yang sederhana dulu, lalu tampilkan data yang kita simpan pada tuple. Berikut contohnya.

Ketika kita menjalankan kode diatas, maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Coba lihat gambar diatas. Ketika kita coba menampilkan data yang ada pada tuple, maka seluruh datanya akan muncul semua. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya agar kita bisa mengakses atau menampilkan salah satu data yang ada pada tuple ?

Caranya sama seperti pada Tipe Data List, yaitu dengan menggunakan kurung siku beserta nomor indexnya. Ingat ! Nomor index dimulai dari 0.

Sekarang mari lihat contoh berikut ini.


Silahkan jalankan kode program yang diatas, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Coba kita lihat pada gambar diatas, hasilnya hanya menampilkan buah Anggur dan Apel, begitu juga dengan harga, hanya muncul 3000 dan 5000, yang terakhir tidak muncul. Karena kita sudah berhasil menampilkan atau mengakses data yang ada pada tuple.

Mengganti nilai pada Tuple

Tadi diatas kami sudah menjelaskan bahwa tipe data tuple tidak bisa diubah data yang ada pada tuple. Sekarang mari kita akan mencoba untuk mengganti datanya, apakah bisa atau tidak. Berikut contoh kodenya.



Silahkan jalankan kode yang ada diatas, dan lihat hasilnya.


Hasilnya maka akan muncul pesan error. Pesannya: 'tuple' object does not support item assigments. Yang memiliki arti "tuple tidak mendukung penambahan nilai baru".

Inilah yang membedakan antara tipe data list dengan tipe data tuple. Tipe data list bisa kita ubah nilainya, sementara tipe data tuple tidak. Kemudian muncul pertanyaan, lalu mana yang lebih baik dipakai, apakah tipe data list atau tipe data tuple ?.

Jawabannya adalah, tergantung kebutuhan. Kalau mau nilainya diubah sepanjang kode program maka gunakan List, tapi kalau tidak gunakan Tuple.

Sekian dulu tutorial untuk bagian ke-13 ini. Pada tutorial bagian selanjutnya kita akan membahas tentang Tipe Data Set.

Semoga bermanfaat :)

0 Comments